HOTLINE NUMBER

0271-630-555

OPENING HOURS

09:00AM-21:00PM

EMAIL US

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Apa itu LASER?

Apa itu LASER?

LASER adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation (Amplifikasi cahaya dengan merangsang emisi radiasi)
LED (Light Emission Diode) bukan merupakan LASER karena dia tidak distimulasikan. LED mempunyai panjang gelombang yg sempit
Laser adalah perangkat yang memancarkan sinar melalui proses amplifikasi optik berdasarkan stimulasi emisi termodinamika

Parameter LASER
Panjang gelombang energi = Joule
Fluence = Joule/cm2
Power = Joule/second = Watt
Irradiance = Watt/cm2
Pulse width/duration = lamanya energi diberikan dalam 1 pulse (ms/ns/ps)

Klasifikasi LASER
Klasifikasi laser didasarkan pada potensi laser yang menyebabkan luka langsung pada mata atau kulit dan / atau potensi yang menyebabkan kebakaran dari paparan langsung ke berkas atau dari pantulan dari permukaan reflektif yang dipancarkan.
Laser diklasifikasikan menggunakan parameter fisik laser, tenaga, panjang gelombang dan durasi paparan.

KEMANAN LASER
Langkah-langkah berikut harus dipatuhi:

PERLINDUNGAN MATA - Semua orang di ruang operasi harus memakai alat pelindung diri. Cahaya dari laser dapat menyebabkan kerusakan kornea dan retina yang parah pada mata yang tidak terlindungi. Kacamata harus memiliki perisai samping dan dikenakan di atas kacamata yg disarankan.

REFLEKSI - Lampu laser mudah tercermin dan perawatan harus dilakukan untuk memastikan Beam tidak mengarah ke permukaan mengkilap.

BAHAYA LISTRIK - Bagian dalam mesin laser mengandung tegangan tinggi dan radiasi laser tak terlihat. Hanya teknisi yang terlatih dalam keselamatan listrik dan laser yang diberi wewenang untuk melakukan perawatan internal.

Laser and Skin
Saat sinar laser menyerang kulit, 4 interaksi dapat terjadi:
Refleksi:
      Tidak ada efek biologis
Hamburan:
      Mengurangi penetrasi
Transmisi:
       Tidak ada efek biologis
Penyerapan:
      Efek biologis bisa terjadi

Penyerapan Laser
Penyerapan cahaya: energi foton diserap / dipindahkan ke kromofor
Chromophore adalah atom atau molekul yang memberi warna pada suatu zat dan dapat menyerap cahaya pada panjang gelombang tertentu
      Contoh 3 Kromofor Utama: HbO2, Melanin, Air
Koefisien penyerapan
Salah satu fitur optik yang paling penting dari jaringan target adalah kemampuannya untuk menyerap sinar laser. Jumlah energi yang diserap dibandingkan energi total yang digunakan disebut koefisien penyerapan.
Koefisien Penyerapan = Energi yang diserap / Energi laser.

Tingkat Pengulangan

Tingkat Pengulangan (Frekuensi) (Hz)
Laser medis biasanya dioperasikan dalam mode pulsa yang berulang. Pulsa laser dipancarkan secara berkala pada denyut nadi, seperti 10 pulsa per detik. Istilah yang umum digunakan untuk pulsa per detik adalah Hertz (Hz)

Definisi Tenaga dalam Laser

Konsumsi Daya: adalah daya yang dibutuhkan oleh perangkat laser.
Laser Power: mengacu pada tingkat di mana energi dihasilkan oleh laser. Tenaga laser 1 watt berarti 1 joule energi dalam satu detik. Ini adalah Potensi Kekuatan Laser
Peak Power: mengacu pada tingkat daya selama pulsa laser individu.
        Daya Puncak = Energi pulsa / denyut nadi
Laser Pulse Energy (J)
        Jika laser bekerja dalam mode berdenyut, energi pulsa laser adalah parameter yang lebih penting daripada daya laser. Energinya diukur dalam Joule.
Energi = Watt x ms = mWatt x s = mJoule
Contoh = Bedah CO2 Laser dengan Laser Power 30Watt
Energi = 20 mJ = 10watt x 2 ms
Peak Power adalah 10 Watt.
Atau kita juga bisa bikin = 20Watt x 1 ms
Mana yang lebih baik?? Itu tergantung pada Tujuan. Untuk memotong, yang kedua membuat sedikit karbonisasi !! Semakin rendah lebar pulsa dan semakin tinggi Daya yang Anda gunakan, semakin kecil karbonisasi.

Fluence (J/cm2)

Fluence mengacu pada jumlah energi (J) yang dikirim ke daerah yang dirawat (dalam sentimeter persegi)
Ini disebut kepadatan energi (Kepadatan Energy).
Fluence = Energi / Area
Biasanya dalam perangkat besar dan mahal, kefasihan dihitung secara otomatis, namun dengan perangkat lebih murah, kita harus menghitung sendiri, tapi perhitungannya sederhana:
Contoh: Total Energi dalam Single Shot = 1 Joule
                    Luas lingkaran spot size dengan diameter 5mm
                    A (Area) = 3.14 (0.25) 2 = 0.19625 cm2
   Jadi Fluence = 1 / 0.19625 = 5,1 J / cm2

Ukuran Spot dan Kedalaman Penetrasi

Ukuran Spot Laser Beam (mm)
Ukuran spot sinar laser mengacu pada diameter sinar laser pada target. Dengan mengubah ukuran spot sinar laser sekaligus menjaga energi yang sama, Bigger Spot Size dapat menyebabkan penetrasi yang lebih dalam pada fluence yang sama (J / cm2)

Apa yang membuat penetrasi lebih dalam?
      - Semakin tinggi jumlah panjang gelombang
      - Fluor Tinggi (J / cm2)
      - Ukuran Spot yang Lebih Besar

Waktu Relaksasi Termal (TRT)

TRT dapat didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk melepaskan energi 50% yang diterima (COOLING DOWN) tanpa memanaskan jaringan di sekitarnya.
Untuk membatasi kerusakan thermal pada target, durasi pulsa harus lebih pendek dari TRT pada jaringan target. Jika jaringan target dapat dipanaskan secukupnya untuk memengaruhinya secara reversibel sebelum jaringan sekitarnya rusak akibat difusi termal, maka koagulasi foto selektif terjadi.

Sifat Pendingin Objek

Ini adalah aturan bahwa benda yang lebih kecil mendingin lebih cepat daripada objek yang lebih besar dari bahan dan bentuk yang sama yang berarti bahwa target yang lebih kecil memiliki waktu relaksasi termal yang lebih pendek. Fakta ini penting bila jaringan perlu dipanaskan sampai suhu yang diinginkan pada setting fluence tertentu. Jika lebar pulsa terlalu panjang, jaringan akan mulai mendingin sendiri melalui konduksi termal sebelum selesainya pulsa yang menyebabkan efek klinis negatif.

Parameter kedua yang harus dipertimbangkan saat memperkirakan TRT adalah bentuk jaringan target.
Contoh: Bola (sel kulit) memiliki 360 derajat area pendinginan yang didinginkan lebih cepat dari silinder (folikel rambut). Hal ini memungkinkan folikel rambut untuk mempertahankan panasnya sementara sel kulit bisa mendingin sendiri jauh lebih efisien. Untuk alasan ini, parameter bisa dipilih untuk menghancurkan folikel tanpa menyebabkan kerusakan pada kulit. Untuk penargetan struktur yang lebih kecil, durasi pulsa yang lebih pendek dan fluence yang lebih tinggi direkomendasikan

Fototermolisis selektif

Kata photothermolysis berasal dari tiga kata akar Yunani -
        - "foto" berarti cahaya,
        - "termo" berarti panas,
        - "lisis" berarti kehancuran.
Oleh karena itu selotipolisis selektif mengacu pada penargetan yang tepat dari struktur atau jaringan dengan menggunakan panjang gelombang cahaya tertentu dengan maksud menyerap cahaya ke area target itu saja. Energi yang diarahkan ke daerah sasaran menghasilkan panas yang cukup untuk merusak target sambil membiarkan daerah sekitarnya tetap tidak tersentuh.

Kunci Laser Terapeutik

Ini adalah konsep photothermolysis selektif, yang merupakan kunci penggunaan laser terapeutik:
Panjang gelombang yang disukai diserap oleh target
Fluence (densitas energi): cukup tinggi untuk memanaskan target
Durasi pulsa lebih pendek dari waktu relaksasi termal target

Kunci Laser Terapeutik yang Efektif

Efektivitas pengobatan tergantung pada parameter laser seperti panjang gelombang terbaik Laser yang diserap oleh target ukuran spot sinar laser
Lebar Pulse harus lebih pendek dari atau sama dengan TRT dari jaringan target
Fluence (Energy Density) harus cukup tinggi untuk memanaskan target jika parameter disorot dengan tepat, target chromophores hancur secara selektif tanpa melukai jaringan di sekitarnya.

Apa itu NdYAG Laser?

Nd:YAG (neodymium-doped yttrium aluminum garnet; Nd:Y3Al5O12) adalah kristal yang digunakan sebagai media penguat untuk laser solid-state. Neodymium terionisasi dopant, Nd (III), biasanya menggantikan sebagian kecil ion yttrium dalam struktur kristal induk dari yttrium aluminium garnet (YAG), karena kedua ion tersebut memiliki ukuran yang sama. Ini adalah ion neodimium yang membuktikan aktivitas penguat di kristal, dengan cara yang sama seperti ion kromium merah pada laser ruby. Umumnya host YAG kristal diawetkan dengan sekitar 1% neodymium oleh persen atom

Apa itu Q-Switch ND-Yag Laser?

Menurut Wikipedia:
Terkadang dikenal sebagai formasi pulsa raksasa, adalah teknik dimana laser dapat dibuat untuk menghasilkan sinar keluaran berdenyut.
Teknik ini memungkinkan produksi pulsa ringan dengan daya puncak yang sangat tinggi (gigawatt), jauh lebih tinggi daripada yang dihasilkan oleh laser yang sama jika beroperasi dalam mode gelombang kontinu (output konstan).

Bintik-bintik/Efesus/Lentigines

Bintik melingkar datar pada kulit sekitar seukuran kepala kuku yang berkembang setelah terpapar sinar matahari secara berulang-ulang, terutama pada kulit yang berkilau. Bintik-bintik mungkin berwarna merah, kuning, cokelat, coklat muda, coklat, atau hitam. Mereka selalu lebih gelap dari pada kulit di sekitar mereka karena mereka menyukai endapan melanin gelap, pigmengelap.
Ada dua jenis dasar bintik - ephelides dan lentigines. Ephelides (singular: ephelis) adalah bintik merah atau coklat muda yang biasanya muncul pada bulan-bulan cerah dan memudar di musim dingin. Lentigines (singular: lentigo) adalah cokelat kecil, coklat, atau bintik hitam yang cenderung lebih gelap dari bintik-bintik ephelis dan yang tidak pudar di musim dingin.
Matahari bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan bintik-bintik. Keturunan juga mempengaruhi bintik-bintik, seperti disaksikan oleh kesamaan mencolok jumlah bintik pada kembar identik. Kesamaan semacam itu jauh lebih sedikit ditandai pada kembar persaudaraan. Gen untuk bintik-bintik telah dipetakan ke kromosom 4q32-q34.
Mengobati bintik-bintik ini dengan 532nm 50mJ Q-S Ndyag

Age Spot /Liver Spot

Bintik-bintik usia juga dikenal sebagai bintik matahari, bintik-bintik hati, lentigos, atau lentigin. Lesi ini adalah bintik-bintik datar, cokelat, cokelat atau coklat tua pada kulit yang terpapar sinar matahari.
Seiring bertambahnya usia, bintik matahari paling sering muncul di punggung tangan, lengan bawah, leher, dada, dan wajah. Bintik matahari berhubungan dengan paparan sinar matahari kumulatif. Pigmen yang memproduksi sel di kulit (disebut melanosit) diaktifkan untuk menghasilkan lebih banyak pigmen (melanin) melalui sinar ultraviolet. Sementara bintik-bintik ini bukan kanker, Anda mungkin berisiko terkena kanker kulit jika memilikinya.
Perlakukan Age Spot dengan QS Ndyag 532nm 50mJ

Melasma /Chloasma

Melasma adalah perubahan warna kulit coklat, tan, atau biru abu-abu yang sangat umum, hampir seluruhnya terlihat pada wanita pada masa reproduksi. Biasanya muncul di pipi atas, bibir atas, dahi, dan dagu wanita berusia 20-50 tahun. Meski mungkin, ini jarang terjadi pada pria. Lebih dari 90% dari mereka yang melasma adalah wanita. Hal ini diduga terutama terkait dengan paparan sinar matahari eksternal, hormon eksternal seperti pil KB, dan perubahan hormonal internal seperti yang terlihat pada kehamilan.
Kebanyakan orang dengan melasma memiliki riwayat paparan sinar matahari sehari-hari atau intermiten, meski panas juga diduga menjadi faktor yang mendasari. Melasma paling sering terjadi pada wanita hamil, terutama keturunan Latin dan Asia. Orang dengan kulit zaitun atau lebih gelap, seperti orang Hispanik, Asia, dan Timur Tengah, memiliki insiden melasma yang lebih tinggi
Perlakukan Melasma ini dengan QS 1064nm QS Ndyag 2,5-5 J / cm2

 

 

Café Au Lait Spot

Bintik-bintik cafe au lait, atau café au lait (CAL) macules (CALMs), adalah lesi hiperpigmentasi yang dapat bervariasi warnanya dari coklat muda sampai coklat tua; Hal ini tercermin dari nama kondisinya, yang berarti "kopi dengan susu."
Batasnya bisa halus atau tidak beraturan.
Ukuran dan jumlah lesi kulit café au lait sangat bervariasi dan biasanya merupakan manifestasi awal neurofibromatosis
Makula dapat diamati pada masa bayi, meskipun biasanya sangat ringan pada bayi dan sulit untuk diapresiasi. Lesi kulit berkembang pada awal masa bayi, dan ukurannya membesar dan menjadi jelas setelah usia 2 tahun.
Perlakukan spot ini dengan filter QS Ndyag 532nm 2 J / cm2

Nevus Ota and Nevus of Ito

Nevi dari Ota dan Ito merupakan warna kulit berwarna coklat tua atau biru / abu-abu. Mereka adalah tanda lahir yang tidak biasa dimana melanosit (sel pigmen) ditemukan lebih dalam dari biasanya (di dermis dan bukan epidermis). Ini juga dikenal sebagai melanositosis dermal.
Perbedaan antara naevus Ota dan nevus Ito adalah lokasinya. Naevus dari Ota ada di dahi dan di sekitar area mata; naevus dari Ito ada di bahu dan lengan atas.
Naevus dari Hori memiliki penampilan yang mirip dengan naevus Ota. Namun, itu tidak hadir saat lahir, dan ini sering mempengaruhi kedua sisi wajah.
Perlakukan dengan Q-Switch Ultah Ndyag 1064nm = 5-8 Joule / cm2
Nevus HORI - diperoleh, nevus bilateral dari makula mirip Ota (ABNOM)
ABNOM biasanya dimulai sebagai makula coklat diskrit; Ini menjadi makula makmur dan maklum dari waktu ke waktu. Area malok pipi adalah daerah yang paling sering terkena. Penting untuk memisahkan secara klinis dan histologis ABNOM dari nevus Ota, melanosis wajah wanita, dan melasma.
   ABNOM adalah penyakit yang diakuisisi, biasanya muncul pada dekade keempat atau kelima, dan biasanya bilateral. Sebaliknya, nevus dari Ota biasanya berkembang selama tahun pertama kehidupan atau selama masa remaja, biasanya sepihak dan melibatkan mukosa konjungtiva, mulut atau hidung, serta membran timpani
  Perlakukan ABNOM dengan Q = Switched NdYAG 1064nm Fluence 7 J / cm2

Ochronosis

Ochronosis eksogen dapat disebabkan oleh penggunaan jangka panjang hydroquinone bahkan jika konsentrasinya 2% selama 2 bulan
Kondisi itu dinamai perubahan warnanya yang kekuningan (seperti oker) seperti yang terlihat pada pemeriksaan mikroskopik. Namun, secara makroskopis jaringan yang terkena tampak kebiru-biruan abu-abu karena adanya fenomena hamburan cahaya yang dikenal dengan efek Tyndall.
3 tahap klinis ochronosis eksogen: [5]          1. Eritema dan hiperpigmentasi ringan
2. lesi hipergigsi dan lesi 'kaviar'
      3. lesi papulo-nodular
Pengobatannya sangat sulit: Kombinasi Q-Switched Alexandrite (karena Alexandrite bagus untuk menghilangkan warna kuning) atau Q-Switched Nd YAG, Laser CO2 pecahan, dan Microdermabrassion.

Seborrheic Keratosis

Keratosis seboroik adalah salah satu pertumbuhan kulit non-kanker yang paling umum pada orang dewasa yang lebih tua.
Keratosis seboroik biasanya muncul sebagai pertumbuhan cokelat, hitam atau tanam ringan di wajah, dada, bahu atau punggung. Pertumbuhannya memiliki penampilan yang licin, bersisik, dan sedikit lebih tinggi. Kadang-kadang, itu muncul secara tunggal, namun beberapa pertumbuhan lebih sering terjadi. Keratosis seboroik tidak menjadi kanker, tapi bisa terlihat seperti kanker kulit.
Perlakukan dengan Laser QS NdYAG 532nm

Port Wine Stain

Noda anggur Port disebabkan oleh perkembangan abnormal pembuluh darah (kapiler) dan seumur hidup. Pewarnaan port-wine (juga dikenal sebagai nevus flammeus) muncul sebagai tanda datar, pink, merah atau ungu, dan terjadi pada wajah, batang tubuh, lengan, atau tungkai.
Jangan mengobati Stores Anggur Port dengan NdYAG Panjang Pulsed kecuali Anda sudah ahli.
Laser terbaik untuk Port Wine Stain adalah Pulsed Dye Laser atau PDL

Penghilang Tattoo

1064 nm bisa mengeluarkan warna hitam dan biru tua
532nm bisa mengeluarkan coklat sampai merah
Tidak bisa menghapus warna hijau
Kuning juga sulit dilepas
Jika Anda menghapusnya biru, mungkin akan meninggalkan hijau.
Mengapa Q-Switch NdYAG Laser tidak bisa menghapus warna hijau dalam Tattoo Removal Mode?
pigmen merah mencerminkan cahaya merah, dan karena itu laser ruby (694 nm) dan alexandrite (755 nm) tidak efektif dalam menghilangkan tato merah.
Pigmen hijau mencerminkan cahaya hijau, dan oleh karena itu frekuensi laser Nd: YAG (532 nm) dua kali lipat tidak efektif dalam menghilangkan tato hijau.

Pengembangan Beam Profile dr Q-Switch NdYAG

Generasi Pertama: Gaussian
Generasi ke-2: Mode VRM
Generasi ke-3: SEMI-FLAT Top Hat Mode

Pentingnya Flat Hat Top Mode adalah bahwa hal itu menyebabkan titik kurang perdarahan saat Anda menerapkan fluence tinggi ke kulit

Profil Beam kami? (Semi Flat Top Hat)

Laser q-switch tradisional menghasilkan profil Beam Gauss yang sangat meningkatkan risiko pigmentasi hiper sementara dan jaringan parut karena titik panas di dalam Beam dan nadi hingga variabilitas nadi.

  Sebaliknya, profil Beam Spectra Pulse 3.0 memberikan profil spot yang paling homogen pada ukuran dan kefasihan spot.

Membiarkan profil gaussian dan VRM konvensional dibelakang - memberikan hasil pengobatan yang sangat baik, bahkan (meminimalkan kerusakan epidermis dan perubahan tekstur sementara)
Beam ideal untuk pengencangan laser dan pelepasan lesi berpigmen tanpa PIH atau pendarahan di tempat perawatan

Medical Journal di Korea

Latar Belakang: Laser PBH-switched Nd: YAG berefek rendah 1064 nm diaktifkan baru-baru ini terbukti efektif untuk perawatan melasma.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan dan keamanan klinis perawatan laser Nd-YDR laser: melasma pada pasien Asia.
Metode: Lima puluh pasien dengan melasma menjalani 15 minggu perawatan mingguan, menggunakan laser Nd: YAG Q-switched (RevLite®; HOYA ConBio®, Freemont, CA, USA) pada 1064 nm dengan ukuran spot 8 mm, dan kelancaran 2,8 J / cm2.
Pasien dan peneliti mengevaluasi secara subjektif intensitas pigmentasi setelah menyelesaikan 15 perawatan mingguan. Penilaian objektif juga dilakukan dengan foto digital dan alat pencitraan pigmen (Janus®, PSI Co., Ltd., KOREA).
Hasil: Baik pasien maupun peneliti menilai hasil pengobatan sebagai "perbaikan yang baik" rata-rata dengan tingkat perbaikan 50-74%. Sistem teknologi pencitraan pigmen juga memastikan peningkatan tingkat pigmentasi pada ketiga lokasi wajah.
Tak satu pun dari 50 pasien menunjukkan tanda-tanda efek samping yang parah selama pengobatan.
Kesimpulan: Laser fluks Nd-Yv laser berdaya rendah 1064 nm Q-switched adalah metode yang efektif untuk mengobati melasma tanpa efek samping yang serius pada pasien Asia.

Apakah Kita membutuhkan Mode Fractional di dlm Q-Switch NdYAG ???

Biasanya Max Energy Q-Switch NdYAG adalah 1000mJ = 1 Joule dengan Spot Size 6mm (diameter ukuran lingkaran spot)
Jika kita mengatur energi 1 J dan ukuran spot 4mm, maka Fluence = 1 / (3,14 x 0,2x0,2) = 7,96 J / cm2
     - Jika Anda memiliki laser topi top datar, fluence ini tidak akan menyebabkan PIH dan tidak menyakitkan, jadi pada dasarnya pecahan pada Q-Switch NdYAG hanyalah tipuan untuk tujuan pemasaran.
Karena ukuran spot 6mm kecil, kini pabrikan mengembangkan ukuran spot 10mm, sehingga membutuhkan energi lebih tinggi Q-Switch NdYAG Laser 1600mJ = 1.6Joule.
  Long Pulsed NdYAG Laser memiliki fluence yang besar, sehingga mode fraksional pada Long Pulsed NdyAG sangat penting dan penting.

Point akhir dr Melasma Treatment dgn menggunakan 1064nm:

Eritema ringan segera setelah perawatan (tidak pernah menyebabkan perdarahan terbakar atau titik-pin) sesuai dengan reaksi kulit, operator dapat memutuskan untuk melanjutkan atau menghentikan
Interaksi laser dan jaringan adalah kriteria yang paling penting untuk pengobatan
Pertama-tama perhatikan skin respon pasien dan pilih parameter yang tepat tergantung kondisi kulitnya:
Epidermal melasma: merespon dengan sangat cepat pada laser toning (segera menyebabkan kemerahan yang jelas setelah 2-3 Passes)
Senyawa dan tipe kulit melasma: biasanya menunjukkan eritema tertunda atau hanya edema dermal yang diamati tanpa kemerahan.
Melasma yang lebih gelap membuatnya mudah untuk dimerah
Eritema ringan akan hilang dalam 1-2 jam setelah Tx

Kontra-Indikasi:

Kontraindikasi Untuk Pengobatan Ini Meliputi:
1. Paparan sinar matahari yang tidak terproteksi dan / atau tempat tidur penyamakan 3-4 minggu sebelumnya
2. Kehamilan dan ibu menyusui
3. Sejarah kejang
Gangguan autoimun seperti Lupus
5. Infeksi aktif
6. Riwayat luka dingin (herpes simpleks); Pengobatan dapat mengaktifkan herpes dan obat profilaksis mungkin direkomendasikan.
7. Riwayat jaringan parut keloid
8. Kulit rapuh
9. Pasien saat ini menggunakan antikoagulan
10. Diabetes yang bergantung pada insulin (NIDD memerlukan pelepasan tertulis dari dokter keluarga mereka)
11. Kanker di daerah yang akan dirawat
12. Terapi emas
13. Kejang epilepsi
14. Dermal filler di daerah yang akan dirawat

CATATAN

Di daerah Tx yang lebih tinggi cenderung mengalami perbaikan cepat pada tahap pertama (namun, fluence yang lebih tinggi dapat dengan mudah menginduksi PIH dan pembakaran)
Melanin bisa dihancurkan dengan beberapa lasing melewati melasma
Jika mengamati hipopigmenasi atau melasma memburuk selama kursus TX, hentikan sesi lebih dari 1 bulan dan rasakan kondisi kulit.

Hindari mengobati Melanoma

Melanoma adalah sejenis tumor kulit. Ini adalah tumor malignan melanosit. Melanosit menghasilkan pigmen gelap, melanin, yang bertanggung jawab untuk warna kulit.
Tanda-tanda awal melanoma dirangkum oleh "ABCDE":
      Asimetri
      Perbatasan (tidak beraturan)
      Warna (beraneka ragam)
      Diameter (lebih besar dari 6 mm)
      Berkembang dari waktu ke waktu
Klasifikasi ini tidak berlaku untuk bentuk melanoma paling berbahaya, melanoma nodular, yang memiliki klasifikasi tersendiri:
Ditinggikan di atas permukaan kulit
Tegas untuk disentuh
Pertumbuhan

SOP

Prosedur:
Pembersihan Microdermabrassion (jangan gunakan chemical peeling) Laser Toning Masker pemutih (SakeIontophoresis Vitamin C (konsentrasi minimal 10%) Kojic Acid) selama 20 menit.
Selalu kombinasikan dengan Iontophoresis Vitamin C
Gunakan polaritas positif jika pH larutan di bawah 7 (ACID) dan sebaliknya

Terapi Kombinasi

Untuk resolusi lesi yang lebih cepat dan juga untuk meningkatkan khasiatnya, perawatan laser dalam beberapa kondisi dapat dikombinasikan dengan prosedur berikut:
Agen pemutihan topikal, misalnya, 7% arbutin,
Asam traneksamat intraselular (5 mg / ml)
Tabir surya topikal
Mikrodermabrasi
Laser berdenyut panjang (Alexandrite. NdYAG)
Microneedling / Dermaroller + PRP / Vitamin C 10%
TIDAK PERNAH MENGANDUNG LASER PERAWATAN DENGAN PENGHIASAN KIMIA WHATEVER RENDAH KONSENTRASINYA (Chemical Peeling dapat membuat kulit kita peka terhadap cahaya, sehingga mudah untuk menginduksi hiperpigmentasi)

KOMPLIKASI

Komplikasi berikut adalah reaksi sementara dan lakukan
         tidak memerlukan penghentian pengobatan.
          - Eritema segera
          - urtikaria fisik
          - Erupsi akneiform
          - Menit petechiae: adalah bintik merah atau ungu kecil (1 - 2 mm) di tubuh, yang disebabkan oleh perdarahan ringan (pembuluh darah kapiler yang rusak)
          - Memutihkan rambut halus
          - Rebound hiperpigmentasi
Komplikasi berikut ini perlu menghentikan laser
         terapi atau modifikasi parameter laser:
         - Hipotrofi dan hiperpigmentasi
         - Leukoderma (Vitiligo)
         - urtikaria parah
         - Erupsi acneiformis parah
         - Aktivasi herpes simpleks
         - Bayangan hantu dan jaringan parut dapat terjadi dengan perawatan tato pada fluence yang lebih tinggi [Gambar 5-6]        - Pigmen tato merah muda atau merah mungkin mengandung zat besi atau titanium dioksida, yang mungkin akan gelap segera setelah perawatan

 

Pengelolaan Komplikasi

Prognosis sangat baik sekali parameter pengobatan yang tepat dipilih. Namun bila terjadi bintik dan melasma, kekambuhan kemungkinan terjadi.
Komplikasi yang paling umum yang diamati dengan pengobatan lesi berpigmen adalah hipo dan hiperpigmentasi.
Jika hipo pigmentasi terjadi, fluence harus dikurangi dan juga interval perawatan dua kali lipat.
Jika hipopigmentasi berbintik-bintik, ini memerlukan penghentian pengobatan dan mengadopsi garis pengobatan medis seperti asam azelaic, asam kojic, dan lain-lain. Persiapan yang mengandung hydroquinone harus dihindari. Setelah jangka waktu 2, 3 bulan, setelah hipopigmentasi sembuh, laser dapat di restart pada fluence yang lebih rendah (kurang dari 2,5 J / cm2).
Eritema sementara, edema, dan urtikaria bersifat sementara dan menetap dalam beberapa jam.

LATEST POST

VISITORS COUNTER

297281
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
128
426
1001
293260
6480
9933
297281